Sabtu, 28 Maret 2020

Macam Macam Sumber Energi

Matahari

Matahari merupakan sumber energi panas dan  cahaya terbesar di bumi. apabila tidak ada matahari, maka tidak akan ada kehidupan di muka bumi. Selain untuk menyinari bumi, sinar matahari juga diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintetis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang berupa karbohidrat dan oksigen. Manusia dan hewan sangat bergantung pada tumbuhan, apabila fotosintesis tidak dilakukan maka kehidupan manusia dan hewan akan  terancam.


Minyak Bumi
Minyak bumi merupakan bahan bakar yang berasal dari fosil. Pemakaian minyak bumi dilakukan dengan pengolahan terlebih dahulu yang disebut penyulingan. Hasil pengolahan minyak bumi diantaranya berupa avtur, bensin, solar, minyak tanah dan aspal. Avtur digunakan sebagai bahan bakar pesawat. Bensin digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor. Solar digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel. Minyak tanah untuk bahan bakar kompor, dan aspal digunakan untuk penghalus/pelapis jalan. Penggunaan bahan bakar minyak bumi harus dihemat, sebab selain jumlahnya yang terbatas dan tidak dapat diperbaharui penggunaannya juga menimbulkan polusi udara yang dapat merusak lingkungan.

 Angin

Angin adalah udara yang bergerak. Angin menyimpan energi sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi. Negara yang memanfaatkan energi angin adalah Belanda, energi angin tersebut digunakan untuk memutar kincir sehingga sering dikenal dengan julukan negara kincir angin. Kincir angin tersebut digunakan untuk membantu menggiling gandum. Angin juga dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir pantai yang bekerja sebagai nelayan untuk melaut. Pada saat berangkat, nelayan memanfaatkan angin laut dan memanfaatkan angin darat untuk kembali pulang ke daratan.


Air

Benda yang diam memiliki energi potensial, sedangkan saat bergerak memiliki enrgi kinetik. Demikian juga dengan air, air menyimpan sejumlah energi. Seperti air terjun, energi pada air terjun digunakan untuk menggerakkan turbin pada PLTA. Selain itu, air yang mengalir di beberapa daerah seperti di Kalimantan air digunakan sebagai salah satu sarana transportasi.

Baterai

Baterai menyimpan energi kimia. Pada baterai energi kima dirubah menjadi energi istrik. Biasa kita temukan di mobil mainan, jam dinding, radio, kamera dan juga remote.





Makanan

Saat kamu kelaparan, tubuh akan terasa lemas. Tapi, setelah kita makan, tubuh akan menjadi kembali bertenaga. Mengapa? Sebab makanan yang telah kita makan berubah menjadi energi. Setelah memiliki energi, kita dapat melakukan aktivitas. Fungsi makanan bagi tubuh adalah sebagai sumber energi dan sebagai pembangun tubuh.



Listrik

Energi listrik berasal dari arus listrik. Arus listrik dapat timbul dari suatu pembangkit listrik. Beberapa pembangkit listrik sebagai berikut:

PLTA : Pembangkit Listrik Tenaga Air
PLTS : Pembangkit Listrik Tenaga Surya
PLTU : Pembangkit Listrik Tenaga Uap
PLTD : Pembangkit Listrik Tenaga Diesel


3 komentar:

  1. Materinya bagus, disertai dengan contoh gambarnya...
    Video yang ada mampu melengkapi penjelasan tentang materi yang disampaikan...
    Semangat terus untuk menulis materi pembelajaran yang berguna buat anak didik kita
    Salam guru pembelajar

    BalasHapus