Sabtu, 28 Maret 2020

Energi Alternatif


Energi Alternatif

Manusia memerlukan sumber energi lain atau energi alternatif untuk memenuhi kebutuhannya. Sumber energi alternatif berasal dari sumber energi yang dapat diperbaharui, seperti sinar matahari, angin, air, panas bumi, gelombang laut dan juga biomasa.
Sumber yang kita gunakan selama ini merupakan sumber energi tradisional. Sumber energi tradisional adalah bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas alam. Sumber energi alternatif yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan tidak akan habis, yaitu matahari, angin, air dan panas bumi.

Matahari. Matahari adalah sumber energ utama di bumi, hampir semua energi yang berada di bumi berasal dari matahari. energi panas yang dihasilkan dapat dipergunakan untuk menerangi ruangan, menjemur ikan, mengeringkan baju dan juga untuk keperluan lainnya. pada saat ini penggunaan energi matahari dimanfaatkan menggunakan alat penangkap panas dan merubahnya menjadi energi listrik, alat ini disebut dengan sel surya. Pada saat ini sel surya sudah biasa ditemui di atap-atap rumah, atap rumah sakit, juga atap hotel.
Angin. angin adalah gerakan udara di permukaan bumi yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara. angin telah dimanfaatkan sejak dahulu sebagai sumber energi gerak pada perahu layar dan kincir angin tradisional. Pada saat ini energi angin digunakan  untuk menghasilkan listrik melalui alat yang disebut aerogenerator.
Air. Air yang mengalir deras merupakan sumber energi potensial/gerak. Energi itu biasanya digunakan sebagai  pembangkit tenaga listrik. Maka dari itu, PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dibuat di bendungan air yang memiliki ketinggian yang cukup untuk menggerakkan kincir yang akan memutar generator sehingga menghasilkan energi listrik.

Panas bumi. Energi panas bumi atau disebut energi geothermal merupakan energi yang berasal dari panas yang disimpan di bawah permukaan bumi. Bumi yang terbentuk seperti bola sejatinya tersusun dari berlapis-lapis sehingga membentuk seperti bola. Pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Hal ini menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar. Pengembangan energi geothermal saat ini hanya layak di daerah dekat lempeng tektonik, ini juga yang menjadi alasan hanya  ada 24 negara di duna yang memanfaatkan energi panas bumi saat ini salah satunya Indonesia.

Gelombang air laut. Gelombang air laut saat memecah di pantai menghasilkan banyak energi potensial. Energi inilah yang nantinya  dapat diubah menjadi energi listrik.
Bahan Bakar Bio. Bahan bakar bio merupakan bahan bakar yang berasal dari makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan. Bahan bakar bio yang berasal dari tumbuhan diantaranya tumbuhan berbiji yang mengandung minyak seperti: bunga matahari, biji jarak, kelapa sawit, kacang tanah, dan kedelai. Bahan bakar tersebut dikenal sebagai biodiesel, biodiesel saat ini digunakan untuk menggantikan solar yang berasal dari minyak bumi. Sementara ini bahan yang lain seperti: singkong, ubi, jagung, dan sagu dapat diubah menjadi bioetanol. Bioetenol dapat menggantikan bensin ataupun pertalite. Bahan bakar bio juga dapat berasal dari kotoran hewan, biasa kita kenal dengan istilah biogas. Kotoran hewan yang ada kemudian dimasukkan ke dalam ruangan bawah tanah (lubang). Penguraian kotoran hewan dengan banatuan bakteri ini akan menghasilkan gas yaitu gas metana yang nantinya digunakan sebagai sumber energi panas (bahan bakar gas pengganti LPG), selain itu bahan bakar ini juga dapat dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan.



4 komentar:

  1. 1. Sumber energi apa yang paling murah dan mudah yang bisa digunakan saat ini?
    2. Adakah kerugian penggunaan dari solar sel?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. sumber energi yang paling murah dan mudah didapat saat ini adalah memanfaatkan energi matahari dan energi angin
      2. kerugian dari solar sel adalah biayanya yang masih belum ramah dan perawatannya

      Hapus